Gulaklapa - Sejak kemunculannya 4 tahun silam, kini saatnya Yamaha Byson mengusung teknologi injeksi. Seperti diketahui, akhir tahun lalu versi injeksinya diperkenalkan di India, akan segera menyapa para rider tanah air.
Yamaha akan meluncurkannya di Indonesia pada waktu dekat ini, kabarnya Yamaha telah mengujinya di jalanan Indonesia. Seperti rilis artikel yang ada di detik.com, yang memuat foto yang diklaim sebagai Byson injeksi yang dikirim seorang otolover, Anton Bachtiar.
Spyshot Yamaha Byson (Anton Bachtiar/Detikcom) |
Jika kembali pada tahun 2014 lalu , PT Yamaha Indonesia memang pernah bilang bahwa tahun 2015 ini Yamaha Byson dengan sistem injeksi akan dirilis. Namun dikonfirmasi lagi, PT Yamaha Indonesia mengatakan Yamaha Byson Injeksi sedang dalam proses pengujian. Namun diharapkan Tahun ini memang akan dirilis.
Di India itu sendiri, Byson injeksi tersedia dalam 2 varian yakni FZ-S F1 V2.0 dan FX FI V 2.0. Walau kapasitas mesinnya diturunkan dari 153 cc menjadi 149 cc tetapi diklaim mampu menghasilkan tenaga 13,1 PS dengan torsi 12,8
Engine type | Air cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve | |||
Displacement | 149cc | |||
Bore & Stroke | 57.3mm x 57.9mm | |||
Compression ratio | 9.5:1 | |||
Maximum output | 9.7 kW (13.1PS) / 8000 rpm | |||
Maximum torque | 12.8 N・m (1.3 kg f・m) / 6000 rpm) | |||
Starting method | Electric | |||
Lubrication type | Force-feed lubrication, wet sump | |||
Fuel Supply | Fuel injection | |||
Clutch type | Wet, multiple-disc | |||
Transmission type | Constant mesh 5-speed | |||
Gear ratio | 1st=2.714 2nd=1.789 3rd=1.318 4th=1.045 5th=0.875 | |||
Cylinder layout | Single Cylinder | |||
Battery | 12V, 4.0AH (10H), Sealed type |
By Gulaklapa
Sumber: Detik.com, indiancarsbikes.com
Tag :
Otomotif,
Yamaha Byson