Setelah beberapa bulan menjadi rumor dan isu di dunia maya, akhir Agustus lalu Byson resmi keluar menerjang belantara motor sport nasional. YMKI agaknya tak mau pasar motor sportnya selama ini yang di pegang Vixion direbut oleh kompetitornya.
Byson lahir setelah Sang Lawan masuk ke arena lebih dulu. Ketatnya persaingan di segmen ini memaksa pihak YMKI, ATPM resmi Yamaha di Indonesia, untuk tidak menunda-nunda lagi kelahiran Sang Banteng. Di sebuah kafe dibilangan Jakarta Selatan, 22 Agustus lalu Byson resmi dirilis, sekaligus pihak YMKI membukan keran pemesanan Online 200 unit sepeda motor ini.Yamaha Byson terlahir sebagai pembunuh Honda New Megapro yang telah diluncurkan lebih dahulu. Byson memiliki tubuh yang kekar layaknya streetfighter. Lihat saja bagian handle bar yang ekstra lebar, desain fuel tank yang berotot, flat tire tubeless, disk brake (267 mm) dan garpu depan (41 mm).
Dengan Banderol Rp 19.9 juta, 400 ribu lebih mahal dari sang lawan. Secara keseluruhan Yamaha Byson tampak radikal. Yamaha mengklaim model Byson berbeda dengan desain Yamaha V-ixion yang lebih rumit dan Yamaha Scorpio yang gagah.
Byson beramunisi mesin 153 cc, 4-tak, SOHC, berpendingin udara. Karburator Byson dikencani Throttle Position Sensor (TPS) agar efisiensi bahan bakar dan udara tercipta. Tenaga yang dihasilkan 10,1 hp pada 7.500 rpm. Sedangkan torehan torsinya 10,5 Nm pada 5.500 rpm. Namun, torehan tenaga dan torsi Byson masih belum menandingi Honda MegaPro (14 hp dan 12,8 Nm).
Untuk lebih jelasnya mari kita liat spesifikasi Sang Banteng from Yamaha...
Buritan |
DIMENSI
P x L x T:
2.075mm x 780mm x 1.045mm
2.075mm x 780mm x 1.045mm
Jarak Sumbu Roda:
1.334 mm
1.334 mm
Jarak Terendah ke Tanah:
160 mm
160 mm
Model Boncenger |
790 mm
Berat Isi:
137 kg
137 kg
Kapasitas Tangki Bensin:
12 Liter
12 Liter
Tampak depan |
MESIN
Tipe Mesin:
4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Berpendingin Udara
4 Langkah, SOHC, 2 Klep, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder:
Cylinder Tunggal / Tegak
Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder:
153 cm3
153 cm3
Diameter x Langkah:
58.0 x 57.9 mm
58.0 x 57.9 mm
Perbandingan Kompresi:
9.50 : 1
9.50 : 1
Daya Maksimum:
13,73 PS / 7.500 rpm (10,1 kW / 7.500 rpm)
13,73 PS / 7.500 rpm (10,1 kW / 7.500 rpm)
Desain Tangki |
13,6 Nm / 6.000 rpm
Sistem Starter:
Electric Starter dan Kick Starter
Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan:
Basah
Basah
Kapasitas Oli Mesin:
Total : 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1,0 Liter
Total : 1,2 Liter / Penggantian Berkala : 1,0 Liter
Tipe Karburator:
(MIKUNI) BS26 x 1
(MIKUNI) BS26 x 1
Tipe kopling:
Basah, Kopling Manual
Basah, Kopling Manual
Tipe Transmisi:
5 kecepatan (1-N-2-3-4-5)
5 kecepatan (1-N-2-3-4-5)
Speedometer digital |
RANGKA
Tipe Rangka:
Diamond
Diamond
Suspensi Depan:
Teleskopik
Teleskopik
Suspensi Belakang:
Suspensi Monocross
Suspensi Monocross
Ban Depan:
Tubeless 100/80-17M/C 52P
Tubeless 100/80-17M/C 52P
Ban Belakang:
Tubeless 120/70-17M/C 58P
Tubeless 120/70-17M/C 58P
Rem Depan:
Cakram
Cakram
Rem Belakang:
Tromol
Tromol
Tag :
Otomotif