Semanis Gula, Segurih Kelapa

loading...

FN Four Tipe A., Sepeda Motor Empat Silinder Segaris Pertama

FN Four Type A 1905 (sumber foto: BMW Group Classic )
Gulaklapa -- 1905 FN Four Tipe A. adalah sepeda motor pertama di dunia yang mengusung mesin 4 silinder segaris dengan pendingin udara. Dengan daya 363 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 5 hp dan mampu melaju dengan kecepatan 40 mil per jam atau setara 64 km / jam, menjadikannya sebagai motor tercepat saat itu.

Mesin 4 silinder segaris dengan engkol (foto: tomlaferriere.com)
Pertama kali dikembangkan pada tahun 1904, diuji akhir tahun itu juga, dan mulai debut publik di Paris Motorcycle Show 1905.

Baca juga: History Ducati Scramblers 250 cc (1962 - 1968)

Diproduksi di kota liege, beliga oleh perusahaan pembuat senjata kenamaan Fabrique Nationale (FN) dari tahun 1905 hingga 1923.

Desain lampu utama yang unik (foto: tomlaferriere.com)

Dari senjata

Adalah FN atau nama lengkapnya Fabrique Nationale d'Armes de Guerre merupakan perusahaan pembuat senjata termasyhur asal Belgia yang menggandeng perusahaan pembuat sepeda dan sepeda motor di awal abad 20. Dimulai dengan produksi sepeda motor bermesin tunggal dengan 133 cc apada tahun 1902.
Mesin 4 silinder segaris (foto: tomlaferriere.com)
Akibat getaran berlebihan pada mesin generasi awal, pabrikan melakukan proyek rahasia dibawah komando insinyur Paul Kelecom untuk merancang mesin yang lebih minim getaran dengan mengusung teknologi empat silinder segaris.

FN Four 1905  (foto: tomlaferriere.com)
Uji coba jarak jauh yang berhasil membuktikan konsep tersebut, dan ketika produksi dimulai pada tahun 1905, FN Tipe A adalah sepeda motor empat silinder pertama di dunia dan termasuk penggerak poros, rem drum belakang dan banyak lagi.

Baca juga: Harley WLA ’42 : Tua Bangka, Jago Ngebut

FN Four Tipe A. meraih kesuksesan komersil sejak pertama kali dirilis dan terus mengalami peningkatan produksi selama kurang lebih dua puluh tahunan.

Tag : Classic, Otomotif
Back To Top