Scramblers edisi perdana untuk pasar AS (by Ducati.com) |
Gulaklapa - Ducati Scramblers pertama kali dibuat untuk pasar sepeda motor Amerika Serikat pada kurun waktu 1960 berdasarkan pesanan importir Joe Berliner untuk kompetisi dirt-track racing.
Scramblers edisi awal (1962 - 1967) merupakan devariasi model jalanan Ducati Diana yang beredar di Italia. Bermesin tunggal OHC dengan teknologi Desmo yang diubah pada bagian rangka agar lebih ringan. Model ini memiliki kapasitas mesin maksimum 250cc.
Walau bukan sepeda motor tercepat, tetapi Scrambler menuai kesuksesan dengan beragam kelebihan, sasis yang ringan (ini terbukti dilintasan balap dan merupakan pertama kalinya motor jalanan yang sukses di lintasan balap) dipadu dengan mesin yang sesuai membuat nyaman dikendarai. Model yang stylis, garis desain membulat nan klasik dipadu dengan crome dibeberapa bagian menampilkan kesan mewah. Aplikasi warna-warna cerah menambah kesan modern membuat model ini makin digandrungi anak muda era 60-an.
Model ini mengalami beberapa perubahan dan modifikasi sesuai secara kontinyu sampai tahun 1968 hingga peningkatan cc mesin dari versi 250 cc, versi 350 cc dan kemudian pada 1969 dikenalkan mesin 450 cc.
Kesuksesan Scrambler di pasar otomotif Amerika, mengilhami pabrikan Ducati di Italia untuk memproduksinya secara massal dan dijual ke berbagai negara.
Seri Scramblers termasuk beberapa model Ducati bermesin desmo yang mengalami update dan penyesuaian teknis secara terus menerus, sampai 1974 produksinya dihentikan. Dan 2014, versi terbaru dari scramblers kembali lahir menyapa para penggilanya diberbagai belahan dunia, termasuk Indonesia tentunya.
Salam Tuwirrr...
Technical specification
-
ENGINE
Type Type 4-stroke single-cylinder, with 10° forward configuration
Light alloy cylinder head and block (with cast-iron liner)Bore and Stroke 87mm x 75 mm Total displacement 436 cc Compression ratio 9.3:1 Tyming system Single overhead camshaft, twin valves with gear-shaft/helical valve gear Lubrication Wet sump forced lubrication with gear pump, 2.2 liters oil Carburetor Dellorto VHB 29AB carburetor with 29 mm choke Ignition Coil ignition Electrical equipment 6 V-70 W alternator and 6 volt 13.5 Ah battery Power 27 HP at 6500 rpm Top speed 130 kmph Torque N.A. -
TRANSMISSION
Transmission Five-speed gearboxClutch Wet, multi-plate clutch -
CHASSIS
Frame Simplex open cradle tubular frame Front suspension Front hydraulic telescopic forks Rear suspension Swinging arm rear suspension with adjustable shocks Brakes Full width drum brakes Front tyre 3,50 x 19'' Rear tyre 4,00 x 18' Fuel tank capacity 11 liters Length 2.120 mm Handlebar Width 940 mm Seat height 770 mm Wheelbase 1.380 mm Weight (dry) 145 kg
- Ducati.com
- Motorcycle Republic
- Wikipedia