Semanis Gula, Segurih Kelapa

loading...

History Ducati Scramblers 250 cc (1962 - 1968)

 
Scramblers edisi perdana untuk pasar AS (by Ducati.com)

Gulaklapa - Ducati Scramblers pertama kali dibuat untuk pasar sepeda motor Amerika Serikat pada kurun waktu 1960 berdasarkan pesanan importir Joe Berliner untuk kompetisi dirt-track racing.

Scramblers edisi awal (1962 - 1967) merupakan devariasi model jalanan Ducati Diana yang beredar di Italia. Bermesin tunggal OHC dengan teknologi Desmo yang diubah pada bagian rangka agar lebih ringan. Model ini memiliki kapasitas mesin maksimum 250cc.

Walau bukan sepeda motor tercepat, tetapi Scrambler menuai kesuksesan dengan beragam kelebihan, sasis yang ringan (ini terbukti dilintasan balap dan merupakan pertama kalinya motor jalanan yang sukses di lintasan balap) dipadu dengan mesin yang sesuai membuat nyaman dikendarai. Model yang stylis, garis desain membulat nan klasik dipadu dengan crome dibeberapa bagian menampilkan kesan mewah. Aplikasi warna-warna cerah menambah kesan modern membuat model ini makin digandrungi anak muda era 60-an.


Model ini mengalami beberapa perubahan dan modifikasi sesuai secara kontinyu sampai tahun 1968 hingga peningkatan cc mesin dari versi 250 cc, versi 350 cc dan kemudian pada 1969 dikenalkan  mesin 450 cc.

Kesuksesan Scrambler di pasar otomotif Amerika, mengilhami pabrikan Ducati di Italia untuk memproduksinya secara massal dan dijual ke berbagai negara.

Seri Scramblers termasuk beberapa model Ducati bermesin desmo yang mengalami update dan penyesuaian teknis secara terus menerus, sampai 1974 produksinya dihentikan. Dan 2014, versi terbaru dari scramblers kembali lahir menyapa para penggilanya diberbagai belahan dunia, termasuk Indonesia tentunya. 

Salam Tuwirrr... 

Technical specification

  • ENGINE

    Type Type 4-stroke single-cylinder, with 10° forward configuration
    Light alloy cylinder head and block (with cast-iron liner)
    Bore and Stroke 87mm x 75 mm
    Total displacement 436 cc
    Compression ratio 9.3:1
    Tyming system Single overhead camshaft, twin valves with gear-shaft/helical valve gear
    Lubrication Wet sump forced lubrication with gear pump, 2.2 liters oil
    Carburetor Dellorto VHB 29AB carburetor with 29 mm choke
    Ignition Coil ignition
    Electrical equipment 6 V-70 W alternator and 6 volt 13.5 Ah battery
    Power 27 HP at 6500 rpm
    Top speed 130 kmph
    Torque N.A.
  • TRANSMISSION

    Transmission
    Five-speed gearbox
    Clutch
    Wet, multi-plate clutch
  • CHASSIS

    Frame Simplex open cradle tubular frame
    Front suspension Front hydraulic telescopic forks
    Rear suspension Swinging arm rear suspension with adjustable shocks
    Brakes Full width drum brakes
    Front tyre 3,50 x 19'' 
    Rear tyre 4,00 x 18'
    Fuel tank capacity 11 liters
    Length 2.120 mm
    Handlebar Width 940 mm
    Seat height 770 mm
    Wheelbase 1.380 mm
    Weight (dry) 145 kg
 Sumber:  
- Ducati.com
- Motorcycle Republic
- Wikipedia
Back To Top