Jakarta - Produsen sepeda motor asal Jepang, Yamaha, akhirnya secara resmi meluncurkan FZ8 dan Fazer8 untuk menggantikan FZ6R dan FZ6. Kedua model ini pun dipercaya akan mampu meneruskan keperkasaan FZ6 di pasaran dunia.
Kedua model terbaru itu menggunakan sasis yang sama dengan yang digunakan oleh FZ1 namun mengusung mesin tangguh 779 cc, lebih kecil dari kapasitas mesin FZ 1 yang mencapai 998 cc.
Namun meski begitu, tenaga yang dihasilkan keduanya ternyata masih cukup besar yakni mampu mencapai 104,7 hp pada putaran mesin 10.000 rpm dengan torsi maksimum 60,5 ft-lb di 8.000 rpm.
Karena kekuatan itulah, Yamaha pun sigap dan menyediakan beragam fitur safety, meskipun itu masih secara optional. Fitur-fitur seperti anti brake lock system (ABS) sudah tersedia bagi para calon pemilik FZ8 dan Fazer8.
Perbedaan keduanya sendiri terletak pada bentuk tangkinya. Bila FZ8 mengusung bentuk tangki telanjang alias naked bike, Fazer8 tampil lebih 'tertutup' dengan tambahan sedikit fairing pada tangki bagian depan dan bentuk lampu depan yang lebih sporty. namun untuk keseluruhan, keduanya tampil dengan sangar karena bentuk tubuhnya yang kekar serta garis disain agresif yang ditampilkan Yamaha pada motor yang akan keluar di daratan Eropa terlebih dahulu.
Setelah hanya menggoda dengan tampilan tudung bagian depan sejak awal tahun 2010, akhirnya Yamaha Motor Company menunjukkan sosok utuh Yamaha FZ8. Belum ada informasi mengenai detail spesifikasi dan penyempurnaan mesin serta frame yang secara kasat mata berubah jauh berbanding pendahulunya FZ6.
Diurut dari depan, wajah FZ8 kini memakai tudung yang lebih menunjukkan karakter sebagai predator. Diperkuat suspensi depan tipe up-side down. Desain tangki juga berubah, terlihat bertumpuk namun padat. Frame yang memeluk jantung pacu empat silinder juga lebih lebar dari pendahulunya, dipastikan pengendalian kian sempurna untuk bermanuver cepat.
Pada bagian jok pengendara dan penumpang dibuat terpisah, sehingga aroma sporty-nya kian kental. Knalpot FZ6 yang sebelumnya tersembunyi di balik buritan, kini pada FZ8 knalpotnya mencuat di samping lengan ayun. Penahan cipratan ban belakang juga lebih ramping.
Pastinya bulan Maret mendatang Yamaha akan kembali memberikan informasi lebih jauh mengenai FZ8. Mesin dipastikan berkapasitas 800 cc, mengenai tenaganya mendekati 120 hp dengan putaran mesin yang berteriak lebih santun sekitar 11.000 rpm hingga 12.000 rpm dari model FZ6. Adapun, model Yamaha FZ8 Fazer yang ditawarkan dengan model jubah setengah badan masih belum ditunjukkan keseluruhan lekukan tubuhnya.
Data Teknis Yamaha FZ8-N and Fazer8:
MESIN
Tipe : 4 silinder paralel, 4-langkah DOHC, berpendingin air
Kapasitas: 779cc
Diameter x langkah: 68.0 × 53.6mm
Rasio kompresi: 12:1
Tenaga maks: 105hp @ 10.000rpm
Max. Torque: 82Nm (8.4kgf-m) @ 8.000rpm
Suplai bahan bakar: Fuel Injection
Sistem pengapian: Transistorized coil ignition
Sistem starter: Elektrik
Transmisi: Constant mesh 6-speed
SASIS
Rangka: Deltabox
Suspensi depan: Telescopic fork
Travel suspensi depan: 130mm
Suspensi belakang: Swingarm (link suspension)
Travel suspensi belakang: 130mm
Sudut Caster sudut: 25 derajat
Trail: 109mm
Rem depan: Hidrolis cakram ganda 310mm
Rem belakang: Hidrolis cakram tunggal 267mm
Ban depan: 120/70 ZR17 M/C(58W)
Ban belakang: 180/55 ZR17 M/C(73W)
DIMENSI
Panjang: 2.140mm
Lebar: 770mm
Tinggi: 1.065mm (FZ8-N) 1.225mm (Fazer8)
Ketinggian jok: 815mm
Sumbu roda: 1.460mm
Jarak pijak terendah (ground clearance): 140mm
Bobot+baha bakar penuh: 211kg (FZ8-N)/216kg (+ABS) - 215kg (Fazer8)/220kg (+ABS)
Kapasitas bbm: 17 liter
Kapasitas oli: 3.8 liter
Tag :
Otomotif