Semanis Gula, Segurih Kelapa

loading...

Pere Tarragó, Pencipta Miniatur Motor yang Menakjubkan

Miniatur sepeda motor karya Pere Tarrago (sumber foto:kickstart.bikeexif.com)
GulaklapaAda banyak sekali model kit yang dijual di pasaran. Model kit yang dijual biasanya merupakan hasil garapan dari pabrik mainan terkenal. Sayangnya, kerap kita jumpai detail desain pada model kit tidak mampu begitu identik dengan versi aslinya.

Namun demikian, miniatur hasil karya Pere Tarrago membuat orang yang melihatnya melalui foto dapat terkecoh. Bagaimana tidak, pria yang tinggal di kota Molins de Rei di Spanyol tersebut membangun miniatur dengan skala 1:5 dan 1:6 dengan skala yang begitu akurat dan rinci.

Dalam banyak hal, proses yang dilakukan Tarragó mirip dengan apa yang biasa dikerjakan oleh builder motor pada umumnya, yaitu melibatkan mesin bubut, alat bor dan pengelasan. Namun, karena ukurannya yang jauh lebih kecil, Tarragó harus membuat sendiri alat yang dibutuhkan.   

Proses membangun miniatur ala Tarrago dimulai dengan mengumpulkan foto-foto sepeda motor yang akan ia bangun. Setelah seluruh gambar terkumpul, Tarrago pun mulai membuat gambar hingga corak grafis seperti yang terdapat pada sosok asli sepeda motor.

Tarrago memang menyukai sepeda motor dan ia kerap membangun sepeda motor klasik Spanyol seperti Bultaco, Montesa, dan Ossa. Bahkan, Tarrago pun sudah mulai membangun miniatur moge dari merek terkenal seperti Moto Guzzi, Henderson, dan juga Indian.

Untuk membangun sebuah miniatur hingga selesai seluruhnya, Tarrago menghabiskan waktu antara 250 sampai dengan 400 jam tergantung tingkat kesulitan dari miniatur yang ia buat.
Pere Tarrago (sumber foto:kickstart.bikeexif.com)
Tarraggo pun mengerjakan miniaturnya pada sebuah bengkel. Bak membangun motor sungguhan, pria Spanyol ini melibatkan mesin bubut dan juga alat las.

Untuk membuat rangka dan komponen sepeda motor lainnya, Tarrago menggunakan material seperti baja, alumunium, dan juga kuningan. Hal yang begitu mengesankan yaitu penggunaan kulit asli bermerek Nappa sebagai pelapis jok miniaturnya dan bukan berbahan plastik.

Tarrago membutuhkan waktu setidaknya hingga seminggu untuk merangkai komponen seperti rem, kopling, roda, dan transmisi menjadi sebuah miniatur sepeda motor. Beberapa komponen seperti rem dan suspensi pada miniatur garapan Tarrago pun dapat dioprasikan layaknya sepeda motor asli.


Hasilnya? A magnificent craftsmanship of miniature motorcycle alias Luarrr biasahhhhh...

Sumber: craftsmanshipmuseum
Tag : Kerajinan
Back To Top