Semanis Gula, Segurih Kelapa

loading...

Tablet PC: Sebuah Evolusi Sabak

sumber:buku-lawas.blogspot.com
Sabak? Bagi sebagian besar anak sekolah sekarang mungkin jarang yang mengenalnya. Sabak adalah alat tulis yang digunakan para orang tua kita pada zaman (penjajahan) Jepang. Sabak dan grip merupakan perangkat untuk menulis sebagai ganti buku tulis pada saat itu. Mungkin waktu itu keberadaan buku tulis sangat langka atau kalau ada harganya juga mahal. Kini, Sabak kembali muncul di era serba digital sekarang ini dengan nama baru Tablet PC. 

Berawal pada tanggal 27 Januari 2010, Steve Jobs, CEO dari Apple Inc, yang memperkenalkan pertama kali "Sabak" modern bernama iPad San Fransisco, Amerika Serikat. Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara telepon pintar (smartphone) dan komputer jinjing (laptop). Apple InciPad adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X.
 
Pesaing baru bermunculan

Seiring kesuksesan iPad, beberapa vendor teknologi juga mulai melirik pangsa pasar ini, karena melihat potensi dan peluang yang masih terbuka lebar. Menariknya lagi, salah satu sistem operasi yang kemungkinan besar banyak digunakan oleh para vendor tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Android dari Google.

Pemilihan Android oleh para pemula ini bukanlah tanpa alasan. Beberapa kalangan bahkan menilai bahwa Android bisa menjadi salah satu 'amunisi' untuk bermain di tablet PC ataupun ingin meredam dominasi iPad berbasiskan iOS 4. Beberapa kalangan bahkan menilai kehadiran iOS 4 adalah untuk menghadapi perangkat tablet PC berbasiskan Android.

Hal tersebut sudah terbukti, Android mampu bersaing di ranah smartphone, yang mana Apple juga bermain di pasar ini dengan iPhonenya. Di ranah ini, Android mampu bersaing, bukan hanya dengan pemain lama, seperti Nokia, Blackberry, dan Microsoft, tapi juga dengan iPhone. Bahkan di pasar Amerika Serikat, Android dikabarkan berhasil mengungguli iPhone dalam sisi penjualan pada tahun ini.

Pengalaman tersebut, bisa jadi membuat Apple mulai waspada terhadap kehadiran tablet PC berbasiskan Android yang bisa menghadang laju penjualan iPad. Selain itu, Android juga memiliki keunggulan dan daya tarik yang tidak berbeda jauh dengan iOS 4-nya Apple, termsuk, fitur multitasking.

Beberapa vendor besar yang sudah pasti masuk ke pasar tablet PC menggunakan Android, seperti Dell, LG, Samsung, Asus, dan juga beberapa perusahaan kecil. Salah satu vendor yang telah meluncurkan secara resmi perangkat tablet PC ke pasar adalah Dell dengan nama Streak. Perangkat besutan Dell yang menggunakan Android 1.6 (Cupcakes) ini disebut-sebut bakal menyaingi iPad.

Selain Android, Apple juga perlu mewaspadai salah satu vendor PC terbesar yang juga siap untuk menelurkan tablet PC, yaitu Hewlett Packard. Keberhasilan HP mengakuisisi Palm menjadikan HP menguasai sumber daya yang terdapat pada perusahaan tersebut. Salah satunya adalah sistem operasi untuk perangkat bergerak ponsel Palm, yaitu WebOS.

HP menurut rencana akan meluncurkan tablet PC berbasiskan WebOS dengan nama HP Slate. Sebelumnya HP merencanakan tablet PC mereka akan berbasiskan sistem operasi Windows 7, sebagaimana yang dipamerkan di acara Consumer Electronic Show di Las Vegas, Amerika Serikat. Namun, rencana tersebut buyar, lantaran akuisisi HP terhadap Palm sebesar US$1,2 miliar.

Indonesia tak mau ketinggalan

Ingar-bingar kehadiran tablet PC mulai terasa di Indonesia. Salah satu buktinya adalah dipamerkannya sejumlah produk tablet PC buatan lokal di pameran komputer yang baru saja dihelat serentak di berbagai wilayah Indonesia dengan nama Festival Komputer Indonesia. Diantara vendor lokal yang sudah pasti masuk ke pasar tablet PC adalah Zyrexindo Mandiri Buana yang dikenal sebagai perusahaan pengembang komputer (PC) bernama Zyrex.

Pada pameran tersebut, perusahan ini memamerkan dua model komputer tablet bernama OnePad dengan sistem operasi yang berbeda, Windows 7 dan Android. Perangkat tablet PC berbasiskan Windows 7 adalah OnePad MS 1210 yang dibanderol dengan harga Rp 4,499 juta, sedangkan untuk yang Android adalah OnePad MS 1110 yang berharga Rp 3,499 juta.

Selain Zyrex, vendor lokal lainnya yang juga telah merilis tablet PC adalah SyBee. SkyBee menamakan perangkatnya ini dengan SkyPad One. Menurut perusahan tersebut, SkyPad One dijual dengan harga dibawah Rp 2 juta dan menggunakan Android 1.6 (Cupcakes).

Pasar tablet PC akan semakin marak di Indonesia, karena salah satu operator besar Indonesia, yaitu Telkomsel, saat ini tengah melakukan penjajakan kepada Apple untuk menghadirkan iPad di Indonesia. Menurut perusahaan tersebut yang dilansir Koran Tempo, pembicaan dengan Apple diharapkan akan selesai pada bulan Agustus. Sementara soal harga, Telkomsel mengatakan bahwa harga yang ditawarkan kepada konsumen Indonesia berkisar US$ 1.200-1.300.

Dengan kehadiran iPad di Indonesia, bisa dipastikan pasar tablet PC negeri ini akan semakin ramai dan menarik, ditambah lagi beberapa vendor tablet PC luar juga direncanakan untuk menghadirkan tablet PC besutan mereka di Indonesia.

'Perang' tablet PC bisa dipastikan kian sengit dan 'brutal' pada tahun ini dan di tahun-tahun yang akan datang dengan mulai diluncurkannya tablet-tablet PC baru dari berbagai vendor besar dunia, seperti HP, Samsung, LG, Asus, Huawei, dan masih banyak lagi.

'Perang' tablet PC pun dimulai di berbagai belahan dunia! ( dari berbagai sumber)
Back To Top